Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli Dan Daftar Pustakanya

Pengertian hasil belajar menurut para ahli dan daftar pustakanya

Pengertian hasil belajar menurut para ahli dan daftar pustakanya

Menurut Rusmono (2017) menyatakan bahwa Hasil belajar adalah perubahan perilaku individu yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan pisikomotorik. Perubahan perilaku tersebut diperoleh setelah siswa menyelesaikan program pembelajarannya melalui interaksi dengan berbagai sumber belajar dan lingkungan belajar.

Apa yang dimaksud dengan hasil belajar?

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa melalui kegiatan belajar. Dalam pengertian lain, hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai- nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, dan ketermapilan.

Apa yang dimaksud dengan penilaian hasil belajar?

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar

Indikator hasil belajar apa saja?

Indikator Hasil Belajar 1. Ranah kognitif, diantaranya pengetahuan, pemahaman, pengaplikasian, pengkajian, pembuatan, serta evaluasi. 2. Ranah efektif, meliputi penerimaan, menjawab, dan menentukan nilai. 3. Ranah psikomotorik, meliputi fundamental movement, generic movement, ordinative movement, creative movement.

Apa saja hasil belajar menurut Bloom?

Menurut Bloom dalam Rusmono (2014, hal. 22) hasil belajar adalah perubahan prilaku yang meliputi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif meliputi tujuan-tujuan belajar yang berhubungan dengan memunculkan kembali pengetahuan dan pengembangan kemampuan intelektual dan keterampilan.

Apa tujuan dari hasil belajar?

Berdasarkan kutipan di atas maka dapat disimpulkan bahwa tujuan hasil belajar yaitu untuk mengetahui perubahan-perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan untuk memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajar.

Apa saja bentuk hasil belajar?

Ada lima kategori hasil belajar, yakni: informasi verbal, kecakapan intelektul, strategi kognitif, sikap dan keterampilan. Hasil belajar yang penulis maksud dalam penelitian ini yaitu dilihat dari aspek kognitif siswa, di mana hasil belajar tersebut diwujudkan dalam bentuk nilai angka yang diperoleh siswa.

Apa perbedaan hasil belajar dan prestasi belajar?

Hasil belajar merupakan kemampuan siswa setelah mereka menerima pengalaman belajar (Sudjana, 2017), sedangkan prestasi belajar merupakan tingkat keberhasilan siswa dalam menerima materi pelajaran yang umumnya dalam bentuk skor (Syah, 2008).

Apa saja macam macam hasil belajar?

Howard Kingsley (1970) dalam Nana Sudjana (2010: 45) membagi tiga macam hasil belajar, yakni: a) Keterampilan dan kebiasaan; b) Pengetahuan dan pengertian; c) Sikap dan cita-cita, yang masing-masing golongan dapat diisi dengan bahan yang ditetapkan dalam kurikulum sekolah.

Bagaimana cara penilaian hasil belajar?

Teknik-teknik Penilaian Hasil Belajar

  1. Penilaian dalam bentuk Tes. Tes adalah pemberian sejumlah pertanyaan yang jawabannya dapat benar atau salah.
  2. Penilaian dengan Observasi. ...
  3. Penilaian dengan Penugasan. ...
  4. Penilaian Portofolio. ...
  5. Penilaian dengan Projek/Tugas. ...
  6. Penilaian Produk. ...
  7. Penilaian Inventori. ...
  8. Penilaian dengan Jurnal.

Apa saja fungsi penilaian hasil belajar?

Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik berfungsi untuk meman tau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi ke butuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinam bungan. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian.

Apa saja ruang lingkup penilaian hasil belajar?

Penilaian hasil belajar oleh guru meliputi lingkup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penilaian pendidikan dalam ruang lingkup sikap merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi deskriptif tentang perilaku peserta didik. Penilaian aspek sikap ini hanya dapat dilaksanakan oleh para guru.

Aspek aspek apa sajakah yang terkandung di dalam hasil belajar itu?

Hasil belajar menyangkut tiga aspek, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor.

Apa yang dimaksud dengan hasil belajar ranah kognitif?

c. Hasil belajar kognitif merupakan hasil belajar yang ada kaitanya dengan ingatan, kemampuan berfikir atau intelektual. Pada ranah ini hasil belajar terdiri dari tujuh tingkatan yang sifatnya hierarkis.

Apa manfaat seorang guru melakukan penilaian hasil belajar kepada para peserta didiknya?

Manfaat Penilaian a. Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi. b. Untuk memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peserta didik sehingga dapat dilakukan pengayaan dan remedial.

Apa itu Teori belajar Gagne?

Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalam diri dan keduanya saling berinteraksi. Gagne (1972) mendefinisikan belajar adalah mekanisme di mana seseorang menjadi anggota masyarakat yang berfungsi secara kompleks.

Apa itu klasifikasi hasil belajar?

Klasifikasi Hasil Belajar Hasil belajar yang telah dijelaskan di atas yaitu klasifikasi hasil belajar menurut Benyamin Bloom yang meliputi pemahaman konsep (aspek kognitif), sikap siswa (aspek afektif), dan ketrampilan proses (aspek psikomotorik).

Apa itu Taksonomi Bloom C1 sampai C6?

Taksonomi Bloom ranah kognitif yang telah direvisi Anderson dan Krathwohl (2001: 66) yakni mengingat (remember- ing) (C1), memahami (understanding) (C2), menerapkan (applying) (C3), menganalisis (analyzing) (C4), mengevaluasi (evaluating) (C5), dan menciptakan (creating) (C6).

Jelaskan apa yang dimaksud dengan efisiensi hasil belajar?

Jadi, efisiensi belajar adalah perbandingan usaha belajar dengan hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa PGPAUD FKIP Universitas Riau.

Faktor apa saja yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar?

Keberhasilan proses belajar dan ketercapaian hasil belajar, menurutnya, ditentukan oleh empat faktor, yaitu (a) kebersihan hati; (b) ketekunan; (c) pemahaman terhadap tujuan, hubungan antar materi 3 Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003), h. 162-165 4 Faktor-

14 Pengertian hasil belajar menurut para ahli dan daftar pustakanya Images

Post a Comment for "Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli Dan Daftar Pustakanya"